Rabu, 06 Maret 2019

CLASS, METHOD, CONSTUCTOR, MODIFIER DAN OBJECT


Pertemuan 3:

A. Class
     Kelas pada Java didefenisikan dengan menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java:
    [modifier1] class Namakelas [modifier2] {
                  Class body;
    }

B.  Method
      Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini merupakan deklarasi method pada Java :
     [modifier1] tipeNilaiKembalian namaMethod (parameter input)  {
                   method body;
}

C. CONSTRUCTOR
     Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal(memberikan nilai default)  pada atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.

D. MODIFIER
     Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java. Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected dan public.

E. OBJEK
     Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.
      Objek dibuat dengan cara menuliskan :

  1. NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();
2.  NamaKelas NamaObjek;
     NamaObjek = new NamaConstructor();

Langkah - langkah Praktikum

A. MEMBUAT PROGRAM Disket.java
    public class Disket  {
         int panjang = 10;
         final int LEBAR = 10;
         String warna = "kuning";
         String bentuk = "segiempat";
         String data = " ";

         void simpanData (String data1) {
                   this.data += data1;
         }

        void hapusData() {
                    data = " ";
        }
        String bacaData() {
                 return data;
       }
}


Nb :
Pada program Disket.java tidak memiliki output, karena “Tidak memiliki fungsi utama” yaitu :
public static void main (String[] args)  {

B.MEMBUAT PROGRAM MainDisket.java

    class MainDisket {
          public static void main (String[] args) {
                   Disket disk1 = new Disket ();
                   System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
                   System.out.println("Lebar disket = "+disk1.LEBAR);
                   System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
                   System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.betuk);


                   System.out.println("data mula-mula = "+disk1.bacaData() );
                   disk1.simpanData("Belajar java");
                  System.out.println("Setelah      SimpanData    = "+disk1.bacaData();
                  disk1.hapusData();
                  System.out.println("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData() );
         }
}




C. MENGIMPLEMENTASIKAN KONSTRUKTOR PADA CLASS DISKET

  • Buka file Disket.java
  • Ketik source code di bawah ini pada baris ke 7 dari Disket.java setelah diketikkan,simpan,compile dan run kelas Disket.java
     Input :
 Disket () {
           panjang = 100;
}
Disket (int panjang1) {
          this. panjang = panjang1;
}
    Output:



D. Ubah source code pada baris ke 3 dari MainDisket.java dengan source di bawah ini :

    Input:

 Disket disk1 = new Disket(50);

    Output:        






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPONEN - KOMPONEN SWING LANJUTAN

Pertemuan 11 : Dasar Teori  Swing  merupakan alternatif lain untuk mengimplementasikan pemograman Wndows. Walaupun diimplementasikan ber...