A. PACKAGE
Package digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atau karena alasan lainnya) pada direktori yang sama,dimana digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada direktori tersebut.
Deklarasi package :
Package namaPackage;
Secara umum, bila ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke dalam suatu package,maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil tersebut. Deklarasi import
1. Mendeklarasikan penggunaan kelas suatu package satu persatu
Import namaPakage. namaKelas;
2.Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package
Import namaPackage.*;
B. JAVA KELAS.
1. Kelas String.
String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat berguna untuk memanipulasi string.Beberapa method dalam kelas string adalah :
a. Char charAt(int indeks) : menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks.
b. Boolean equals(Object anObjevt) : membandingkan string ini dengan onjek lain. Case sensitive
c. Boolean equalsIgroneCase(String anString) : membandingkan string ini dengan objek lain. Tidak case sensitive
d. Int length() : mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string
e. String toLowerCase() : mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil
f. String toUpperCase() : mengkonversikan semua karakter menjadi huruf besar
g. String main() : mengembalikan salinan string ini menghilangkan spasi kosong diawal dan diakhir string.
2. Kelas Math.
Math adalah kelas yang terdapat pada paket java yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Beberapa method dalam kelas math adalah :
a. Double abs(double a) .
Menghasilkan nilai mutlak dari atribut.
b. Double ceil(double a).
Mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke bawah.
c. Double floor(double a).
Mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan keatas.
d. Long round(double a).
Menghasilkan nilai yang merupakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a.
e. Double sqrt(double a).
Menghasilkan nilai yang merupakan akar kuadrat dari a.
LANGKAH – LANGKAH PRAKTIKUM.
Membuat direktori PERTEMUAN 6\makhlukhidup\hewan
CARA MENYIMPAN :
1. Buat folder di data D dengan namaPERTEMUAN 6
2. . Kemudian buat folder baru makhlukhidup
a. Didalam folder makhluk hidup simpan fileManusia.java dengan Tumbuhan.java
b. Didalam folder makhlukhidup buat folder baru dengan nama hewan
Difolder hewan simpan file Burung.java.
Setelah itu untuk file MainMakhluHidup
MainMakhluHidupImport
ContohString
OpMatematika
Simpan sejajar dengan folder makhlukhidup(simpan file tersebut di dalam folder PERTEMUAN 6)
A. MEMBUAT PROGRAM Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama = "";
public Manusia(String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Tidak memiliki output karena tidak memiliki fungsi utama yaitu “public static void main”
B. MEMBUAT PROGRAM Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama = "";
public Tumbuhan (String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Tidak memiliki output karena tidak memiliki fungsi utama yaitu “public static void main”
C. MEMBUAT PROGRAM Burung.java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang = true;
public String nama ="";
public Burung (String nama) {
this.nama = nama;
System.out.println("Nama burung: "+nama);
}
}
Tidak memiliki output karena tidak memiliki fungsi utama yaitu “public static void main”
D. MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main (String[] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b = new makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
Outputnya :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bisa terbang? False
Nama burung : Beo
E. MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String[] args) {
Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
System.out.println ("nama : "+m.nama);
Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
System.out.println ("nama : "+t.nama);
System.out.println ("Semua burung pasti bisa terbang?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b = new Burung ("Beo");
}
}
Outputnya :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bisa terbang? False
Nama burung : Beo
F. MEMBUAT PROGRAM ContohString.java
public class ContohString {
public static void main (String[] args) {
String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase"+Kalimat.toUpperCase());
System.out.println("toLowerCase"+Kalimat.toLowerCase());
System.out.println("Jumlah karakter : "+Kalimat.length());
System.out.println("Karakter index ke 0 : "+Kalimat.charAt(0));
System.out.println("Substring(16,20) : "+Kalimat.substring(16,20));
System.out.println("Karakter index ke 0 : "+Kalimat.trim());
}
}
Outputnya :
to UpperCase SELAMAT BELAJAR JAVA
to LowerCase selamat belajar java
Jumlah karater : 20
Karakter indeks ke 0 : S
Substring <16,20> : java
Karakter index ke 0 : selamat belajar java
G. MEMBUAT PROGRAM OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main (String[] args) {
System.out.println ("E = "+Math.E);
System.out.println ("PI = "+Math.PI);
System.out.println ("Ln 20 = "+Math.log(20.0));
System.out.println ("ceil(-5.6) = "+Math.ceil(-5.6));
System.out.println ("floor(-5.6) = "+Math.floor(-5.6));
System.out.println ("round(-5.6) = "+Math.round(-5.6));
System.out.println ("sqrt(25) = "+Math.sqrt(25));
System.out.println ("pow(25,0.5) = "+Math.pow(25,0.5));
}
}
Outputnya :
E = 2.718281828459045
PI = 3.141592653589793
Ln 20 = 2.995732273553991
Ceil <-5.6> = -5.0
Floor <-5.6> = -6.0
Round <-5.6> = -6
Sqrt <25> = 5.0
Pow <25,0.5> = 5.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar